Anpres22.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Print Ukuran A3 Menjadi A4 Tanpa Mengubah Ukuran Asli


Mungkin pernah kita jumpai kesulitan dalam hal print data yang salah satunya adalah file/data kita di Microsoft Word atau Excel ukurannya terlalu lebar/besar sehingga tidak cukup menggunakan ukuran kertas A4 atau folio sehingga mengggunakan kertas ukuran A3 atau yang lebih besar dari itu. Kemudian ketika ingin kita cetak dengan ukuran tersebut (A3), printer kita hanya bisa cetak maksimal ukuran folio, dan tragisnya print out yang kita inginkan adalah ukuran A4/folio. Lalu gimana cara mengatasi masalah tersebut??
Beli printer baru!! Baguuussssss.... !!!!!!
Ngawur,,, sebenarnya dari Microsoft Office Word/Excel sudah menyediakan fitur tersebut, hanya kita saja yang kekurangan ilmu. Caranya gimana?? Ini saya kasih tutornya, 1 jam 20rb ya.... :D

Misalkan ini file kita (dalam excel),
















1.       Pada garis merah kotak itu adalah ukuran folio dalam posisi landscape, namun ukuran masih belum cukup untuk mencetak secara keseluruhan data. Kemudian caranya gimana? Seperti berikut.

















1.       Klik Print-Print Preview, terlihat kertas belum cukup, klik page set up kemudian pada scalling pilih fit to page (garis biru), maka hasilnya akan seperti ini.


















1.       Hloh,, kok jelek banget?? Sebentar,,, belum selesai,, sekarang klik page set up lagi.

















1.       Nah, disitu terlihat Adjust to yang semula 100% menjadi 37%, sekarang disesuaikan kebutuhan aja berapa persen, kalau saya pilih 70%.

















1.       Dan hasilnya............


















1.       Kok enggak langsung aja tadi pilih Adjust to diganti 70%??? Nanti hasilnya akan beda, hal tersebut bisa anda lakukan pada microsoft word juga, bedanya di Microsoft Word bukan fit to page, tapi scale to page... J selamat mencoba..

4 komentar:

  1. Itu untuk Excel, kalau untuk cetak file word ukuran kertas A3 mau dicetak ke kertas A4 bagaimana, tanpa merubah format dan isi naskah cuma bisa dikecilkan

    BalasHapus