Anpres22.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Cerita masuk STAN (motivasi)


            Assalamualaikum Warohmatullahi wa Barokatuh,

            Puji syukur kehadirat Allah SWT dan sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

            Kau tau, sewaktu kecil aku pengen banget jadi dokter, soalnya guru SD.ku selalu bilang, jadi dokter itu enak, tumpakane setir bunder, sekali gedok 50rb, kalo sehari 10 gedok udah dpt 500rb tuh, sebulan 15jt.. Mantap.... tapi setelah SMP aku suka banget sama komputer, besok lulus SMP masuk SMK komputer ah, biar langsung bisa kerja, jadi teknisi Komputer, peluangnya gede pasti.. Beneran itu masuk SMK komputer, namanya SMK N 1 Klaten, eh tau tau sekarang jadi Bea Cukai. -_-

            Aku terlahir di keluarga sederhana kawan, aku 5 bersaudara, bapakku cuma seorang kuli, makan di rumah seadanya, makan cuma sama kerupuk pun sudah biasa. Tubuhku sangat kecil, kurus, yah, pertumbuhan mungkin terhambat kali ya,, tapi tetep bersyukur, Allah Maha Adil, aku semasa SMK dapat beasiswa, 3 tahun sekolah gratis. Nama beasiswa tersebut TITIAN FOUNDATION,, beruntungnya aku... :) Setelah masuk TITIAN, aku jadi kepengen kuliah, aku pengen masuk UGM, masuk TI, pokoknya yg berkaitan sama komputer deh. Tetep cari yang beasiswa..

             Bidikmisi UGM gagal, Bidikmisi UNDIP gagal, PBUTM UGM gagal, SNMPTN gak berani daftar, otakku merasa gak berani, menyedihkan bukan?? Padahal masih banyak beasiswa yang lain, tapi saking bodohnya gak ada yang ngerti aku,, pasti ketinggalan informasi.

            
             Gambar apa tuh????

             Kesempatan terakhir, STAN, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, ini juga bukan persaingan yang mudah. Sekolah yang berada di bawah kedinasan ini tentu banyak sekali yang berminat. Namun berbeda dari Bidikmisi, STAN memerlukan tes untuk dapat masuk. Itulah kesempatanku, itulah yang harus ku kejar. Harus yakin bisa, gak ada gunanya usaha kalo gak ada keyakinan, tapi tetep hasil akhirnya serahkan pada Yang Di Atas. :)

            Masalah pun silih berganti datang, gak gampang kawan.. Pertama itu banyak kata-kata tajam dari orang lain, “sudah bertahun-tahun anak SMK 1 enggak masuk STAN, padahal dulu jaman bapak saya banyak”, kayak gitu yang mereka bilang. Ada juga tukang fotokopy depan sekolahku bilang, “selama aku kerja di sini gak ada yang masuk STAN, angel”, hm.. lebih parah lagi nie, ada satu pembimbingku di Beasiswa yang gak percaya sama kemampuanku, waktu aku tanya, “bagaimana kalau saya daftar STAN mb?” Beliau jawab, “Dipikir dulu lagi, jangan sembarangan mendaftar, jangan asal, perhatikan persaingan, jangan sampai kamu hanya urun duit dan gak keterima..”. Dalam hati begitu menyakitkan, tapi aku jadikan semua itu motivasi, meskipun banyak yang bilang susah, gak mungkin, bertahun-tahun gak ada yang masuk, “SAYA AKAN MASUK STAN DAN MEMBUAT REKOR ITU” (pEdE banget..).

Masih ada lagi, kendala dari fasilitas, pengetahuan, hingga cara belajar. Aku sama sekali gak punya materi STAN (STAN itu kebanyakan materi SMA), aku juga kurang begitu ngerti tentang STAN, dulu aja waktu ada sosialisasi STAN di sekolahku aku tinggal maenan laptop. :D Plus bingung gimana caranya belajar, belajar sendiri gak mungkin, kursus gak punya duit, beli buku materi aja gak bisa, haddehh....

            Pernah nie nyoba ngomong sama ke salah satu pembimbing di Beasiswa, biar dibiayai kursus STAN, namun karena sedikitnya teman-teman yang berminat ke STAN dan begitu beratnya persaingan STAN, pengajuan itu gagal.... Nasib nasib... Di sini ada beberapa hal yang aku yakini, “Allah bersama orang-orang yang mau berusaha dan berdo’a”. Aku coba cari pinjaman buku (yang gratis gratis pokoknya), cari informasi tentang STAN, trus belajar soal demi soal, perlahan, kalo gak tahu tak tanyak.in ke bapak/ibu guru, minta waktu beberapa jam buat diajari. Trus aku nyoba untuk nyatet beberapa materi dalam potongan kertas kecil-kecil, agar saya bisa belajar disemua tempat. Yang aku catet tentang sinonim, antonim, kata kata gak jelas kyk gitu dah pokoknya. Gak lupa iringan do’a, do’a sendiri, do’a orang tua, do’a keluarga, do’a bapak/ibu guru, do’a pembimbing Titian, do’a teman-teman SMK, do’a teman-teman luar SMK, do’a tetangga, hahahaha, pokoknya minta do’a kepada semuanya. Semakin banyak semakin baik. yohohohohho

            Tes tertulis pun mulai nie, haddeh,, ke kamar mandi dulu......
Cueeesssss,,, weits,, masuk ruangan udah paling akhir, beeuuhhh,,, tempat dudukku paling depan...
Soal dibagikan,,, jangan dibuka dulu,, masih segel.. Tak terawang dikit dikit,, wuuuuhhhh,, soal nomor 1 kayaknya masalah sinonim.
KERJAKAN!! (120 soal TPA kerjakan dengan waktu 100 menit)
Bener nie soal depan masalah sinonim antonim, beeuuhhh,, soal nomor 1 aja gak bisa ngerjain, haddeh,, mulai panas nie otak. Cari ke paling belakang, soal bergambar, kekekekekekeke, kerjain yang mudah mudah dulu, trus analogi. bahasa indonesia, nyampe nie ke matematika, haddehh,,,, otakku ambyar,, gak bisa mikir banyak, antara mumet, mumet, dan mumet. Beneran, aku banyak yang gak bisa, putus asa dah, aku ngawur,,, hampir 40 % aku ngawur... Ya Allah,, aku pasrah..
KERJAKAN BAHASA INGGRIS!! (60 soal Bahasa Inggris dengan waktu 50 menit)
Jerererereret..... alhamdulillah udah selesai yang ngerjain, waktu udah habis.
hloh, gimana ceritanya?? Tadi guwe lumayan deh yang bahasa inggris, susah di pilihan kalimat, banyak yang gak ngerti, tapi dari sistem kalimat cukup ngerti. SPOK pokoknya, yohohohohoho

PENGUMUMAN...................

            Jiaaaaahhhh,, waktu pengumuman, males mau lihat, takut, nonton Naruto aja dah,, pagi pagi itu ada Naruto dulu,, lagi seneng senengnya,, hahhahaha
Ehhh,, tau tau di sms temenku, "Selamat ya bro, kamu lolos"...
Alhamdulillah... beneran ini?? Langsung loncat loncat aku,, serius,, Ya Allah,, aku sangat senang.. :) :) Syukur tiada tara pokoknya.. Habis selesai nonton Naruto, langsung deh pergi ke warnet, zehaha, ada inbox masuk juga dari pembimbing beasiswa, tanya tuh lolos apa enggak... alhamdulillah,, langsung bablas pergi ke SMK, buat terima kasih sama guru-guru.ku yang udah ngajarin materi materi STAN.
eeeiiiiittttsss,,, jangan terlalu senang, masih ada 2 tahap tes lagi, dan sistemnya pakai sistem gugur. Nah, buat persiapan tes berikutnya, aku melancong ke Kantor Beasiswa, minta petunjuk, hoho

TES FISIK............

            Lari selama 12 menit keliling lapangan, gak tau harus nempuh jarak berapa, yang tau cuma panitia, pokoknya lari aja sejauh mngkin. Trus lari angka 8, diukur pakai waktu, kudu cepeeeet....
Sebelum lari itu, beberapa hari sebelumnya aku jogging kawan, buat latihan,,, jangan sampe otot kaku waktu ujian, begitu...

            Dan sebelum tes lari, tes kesehatan dulu,,, tes mata, berat badan, tinggi badan, kesehatan jantung, dsb. Gratissss..... cepet pula, "orang cuma ditanyain doang".

PENGUMUMAN KEDUA......................

           Yohohohohohohoho,,, gimana nie hasilnya, jedag jedug banget.. Buka stan.ac.id, klik pengumuman, searching namanya, bla bla bla, mana namaku, ini diaaa...... cooooosssh,,, aseeekkkk.... :) sekarang persiapan buat tes terakhir..

TES ASSESMENT

            Terakhir, tes Assesment, lebih jelasnya adalah tes wawancara. Dalam waktu setengah jam kamu disuruh cerita sebanyak banyaknya, tentang asal sekolah, organisasi, nilai, prestasi, pengalaman, tentang keinginan masuk STAN, jurusan apa yang pengen diambil, dsb, sampe berbusa tuh mulut.. Jangan salah, kudu ati ati, salah ngomong bisa gak lolos kamu....

SELESAI......
tinggal berdo'a nunggu pengumuman lagi, pengumuman keterima atau enggak, kalau keterima jurusan apa, dan penempatan kuliah di mana.

PENGUMUMAN KETIGA.......................

Jeng jenggggg......... cukicakicukicakicuk..... kereta berangkat... (haddeh, kok jadi Kereta Malam)
Alhamdulillah, aku keterima :) Aku di D1 jurusan Bea dan Cukai, penempatan kuliah di Jogjakarta. Mantap,,, dan kau tau, aku satu satunya anak SMK 1 yang tahun ini lolos STAN setelah beberapa tahun gak ada yang masuk. Hikmah yang aku ambil, "KEYAKINAN, USAHA MAKSIMAL, DAN DO'A SEBANYAK BANYAKNYA , ALLAH BERSAMA KITA.. :) DAN PERCAYALAH APAPUN HASILNYA ITULAH YANG TERBAIK.. :) "

            Hampir lupa, penerimaan mahasiswa STAN itu tidak tentu, kadang buka kadang enggak, berapa kuota yang diterima dan jurusan apa saja, waktu angkatanku ini, pengumuman penerimaan mahasiswa baru lebih lambat dari yang diperkirakan, Pengumuman bulan Juli, pendaftaran sampai Agustus, tes tertulis pertengahan Agustus, pengumuman tes tertulis pertengahan September, tes Fisik seminggu setelah itu, trus pengumuman Tes Assesment akhir September, Pelaksanaan assesment awal November, pertengahan pengumuman lagi, Akir November OSPEK..
Nahhh,,,, selama dari lulus SMK bulan Juni, aku gak cuma di rumah doang hlo,, aku cari kerja ke sana ke mari, cari beasiswa ke sana ke mari, yang jebol aku kerja di Printer Care Center, Jogjakarta, selama 2 bulan, habis itu aku tinggal kuliah. SEMANGAT.....

Aku diantara mereka. :D

            Terima kasih, inilah ceritaku, apa ceritamu? Bila ada kata yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf.

            Wassalamualaikum warohmatullahi wa barokatuh.

130 komentar:

  1. ceritanya bagus mas..menginspirasi..

    BalasHapus
  2. hahahaaha,, terima kasih pak, kerja keras itu.

    BalasHapus
  3. kak,saya niatnya mau masuk STAN
    kalau boleh tau waktu tes kesehatan,apa saja yang di tes kak ?
    trus soalnya susah atau gak kak ?
    mohon di jawab ya kak

    BalasHapus
  4. sipp,,semangat kawan,,yg penting jangan takut dan yakin dulu....

    tes fisik ada dua,kesehatan dan kebugaran,teskesehatan meliputi mata,jantung,tinggi, berat, dan pertanyaan seputar pernah sakit keras atau enggak...

    soal2 stan sbnrnya mudah kok.,..cuman terkadang jadi susah ngerjain waktu di ruangan,karena tegang, tekanan, grogi, takut, dll... jadi PeDe aja bro...

    BalasHapus
  5. Kak, tes mata tu kita disuruh baca kata"? Tulisanny jauh gak kak? Soalny mata saya minus

    BalasHapus
  6. Ceritanya keren kak :) Kebetulan aku juga punya niat mau nerusin kesana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah,, makasih,, semangat ya,, belajarnya yg optimal,, ganbatte na... :)

      Hapus
    2. skrng kakak masih kuliah di stan ga? oke kak, makasih semangatnya :)

      Hapus
    3. alhamdulillah udah wisuda,, aku angkatan 2011 kok,, lulus 2012, program crash, 1 smstr = 3 bulan, sekarang alhamdulillah di Bea Cukai Kudus.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. sekolahnya cuma 1 tahun kak? hmm, bagus dong :) itu termasuk kontrak kerja sama stan?

      Hapus
    6. alhamdulillah,, hm.m cuma setahun,, umm,,, bukan kontrak sihh,, tapi lebih ke penempatan kerja,, kalau gak mau ya gak pa pa,,, kan gitu...

      Hapus
  7. oh iyaiya :) makasih kak infonyaaa :D

    BalasHapus
  8. untuk D III kontrak gk sih ?

    BalasHapus
  9. kasi tau dong kknya pas penempatan kerja dapet gaji berapa :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. yee,, rahasia dong.... yg jelas,, cukup lah buat hidup seneng,, cuman kalau jd pegawai negeri itu ya bener2 pegawai negeri, jangan berharap uang banyak, kaya raya, beli mobil mewah, jadi pegawai negeri itu gak bisa sampai kaya kyk gtu, tapi kembali cukup itu tadi...

      Hapus
  10. Test Wawancaranya seperti apa sih? Kalau orangnya minder dan grogian gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan grogi,, harus PD dooooongg, yg penting antum cerita aja panjang lebar, tunjukin semangat anak muda. Pertanyaan seputar asal sekolah, proses belajar di sekolah, kemudian knp daftar stan, knp ambil jurusan itu, tau dari mana. begitu...

      Hapus
  11. waktu ujian tulis,harus pakek kemeja putih ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah,, enggak,, siapa bilang... bebas rapi kok... :)

      Hapus
  12. Kak di periksa gigi ngga? Saya ada gigi yg berlubang, krkr berpengaruh ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouwh,, selamat ya,,, masuk tahap berikutnya,, masalah gigi gak pengaruh kok... yg pengaruh masalah lari 12 menit sm lari angka 8, jadi siapin itu ya, kondisi sehat dan latihan... (y) (y)

      Hapus
  13. sekarang udah kerja mas?

    BalasHapus
  14. oo ini yang nulis Putra :D baru engeh bro bro hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk,,,, iya,, km gmn kbrnya Puspita?? kuliah dmn skrg?? ngumpul lah sm Pagusti...

      Hapus
  15. Semoga tahun ini aku juga bisa pake almamater itu . Ammin

    BalasHapus
  16. Tinggi Badan pengaruh nggak kak?berapa tinggi minimalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. TInggi badan khusus hanya untuk Bea Cukai, laki laki minimal 165, perempuan minimal 155. Berminat??

      Hapus
  17. Keren ka, ceritanya menginspirasi
    tes mata itu gmna ka? Mata saya min, ada batasan mata minus nya ga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,,, semangat ya.... maksimal utk Bea Cukai minus 3, selain BC tidak ada batasan. Oke?

      Hapus
  18. YaAllah semoga aku bisa masuk STAN d1 pajak aamiin, doain ya kak

    BalasHapus
  19. saya mau msuk situ tp masih ragu soalnya sya gak pinter orang :'( , kira2 bisa ngasih motivasi gak mas ? :v :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita tidak tau sebelum mencobanya, keraguan hanya akan membuatmu semakin jauh dari impianmu, kesempatan terbuka lebar ketika kau mau berusaha, tapi semuanya akan berakhir ketika kau menyerah. Oke?? Aku yg anak SMK tanpa ngerti pelajaran SMA aja bisa masuk, tunjukan dulu usahamu... (y) (y)

      Hapus
  20. Kak,,, kalo D I bea cukai itu kuliahnya bisa pilih sendiri ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus D1, penempatan sekolah ada 13 tempat, nanti ada keterangan di formulir pendaftaran, tapi utk D3 harus di kampus STAN Bintaro.

      Hapus
  21. khusus D1, penempatan sekolah ada 13 tempat, nanti ada keterangan di formulir pendaftaran, tapi utk D3 harus di kampus STAN Bintaro.

    BalasHapus
  22. ka mau tanya dong, kaka masuk stan tahun brp?

    BalasHapus
  23. mau nanya ka,,,
    ketika daftar kita isi berapa prodi?
    klo D3 BC sama D1 BC,,, sama sama semi militer kah???
    makasihh

    BalasHapus
  24. mau nanya ka,,,
    ketika daftar kita isi berapa prodi?
    klo D3 BC sama D1 BC,,, sama sama semi militer kah???
    makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmn sudah daftar?? ada ketentuannya kan utk milih brp prodi,,, iya sama2 semi militer... keren kok...

      Hapus
  25. Ka untuk tes tulis nya apa bahasa inggris lebih dominan?

    BalasHapus
  26. Ka untuk tes tulis nya apa bahasa inggris lebih dominan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pendaftaran onlinenya ada keterangannya gak ada brp soal?? kalau th kemaren 120 soal TPA(logika, sinonim, antonim, gambar, matematika, bhs. indo, dll) dan 60 soal bhs. Inggris (full bhs. Inggris).. jd lbh banyak bhs. Inggrisnya..

      Hapus
  27. Assalamualaikum wr.wb kak sya mau tanya, hal ap yg perlu saya siapkan ktika ingin msuk ke STAN ? Padahal saya hnya bru tau ttg soal soal tesnya, lawan utk msuk ke STAN juga susah kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam warohmatullah.. gmn,, udh masuk STAN blm? hehe

      Hapus
  28. Bener-bener menginspirasi saya banget, saat ini saya juga ngalamin hal yang sama. Banyak yang nggak percaya kalo saya bisa lulus STAN. Tapi saya akan buktikan. Terima kasih banyak

    BalasHapus
  29. Bener-bener menginspirasi saya banget, saat ini saya juga ngalamin hal yang sama. Banyak yang nggak percaya kalo saya bisa lulus STAN. Tapi saya akan buktikan. Terima kasih banyak

    BalasHapus
  30. Kak maaf aku mau tanya kakak ke kantor beasiswa itu maksud nya gimana?? Bisa konsultentang stan gitu ya kak? Terus gratis apa enggk?

    BalasHapus
  31. Kak maaf aku mau tanya kakak ke kantor beasiswa itu maksud nya gimana?? Bisa konsultentang stan gitu ya kak? Terus gratis apa enggk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu SMK saya mendapat beasiswa dari Titian Foundation, organisasi bentukan orang luar negeri, khusus membiayai siswa di Klaten yang tidak mampu di SMA/SMK, begitu....

      Hapus
  32. Mas minta contact personya yg bisa dihubungin dong, pengen tanya2 juga :) terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat facebook aja ya,, ini add, inbox dulu nanti ya... takutnya gak dikonfirm.. N Setia Putra

      Hapus
  33. Terima kasih ,Mas. Ceritanya menginspirasi (y). Jadi ada harapan lain misalnya nggak lolos SNMPTN 2016.

    BalasHapus
  34. Mata minus >3 gk berpengaruh kn kak asal gk bea cukai. Apa bnr begitu?

    BalasHapus
  35. Stan tgl 21 maret sudh di buka smapai tgl 3 april penutupan pendataran yg duterima maka lanjut ketahap tes tertulis tes kmampuan dasar tgl 20 sd 24 juni jd tes beda2x setiap tanggal anak tes apabila tes dasar lolos maka tahap selanjutya tes kesahetan tgl 15 juni lulus kesehatan langsung tes kompetensi tgl 29 juni

    BalasHapus
  36. Menginspirasi banget ceritanya, terimakasih mas. Oya mau tanya mas, lulusan D1 perpajakan STANitu kebanyakan kerjanya jadi apa? habis lulus D1 bisa lanjut D3?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih,, sudah lama sekali sy gak update cerita di sini... D1 perpajakan tentu saja akan ditempatkan di Kantor Pajak. Untuk dpt lanjut D3, ada 2 jalur, ada namanya D3 Khusus dari PKN STAN, syaratnya minimal golongan II/a 2 th (sdh D1 dan bekerja 2 th), kemudian jalur di selain D3 Khusus STAN dg syarat II/b 2 th (sdh bekerja 6 th), apakah bs diterima?

      Hapus
  37. cah klaten to mas nopia setia putra. Saya juga pengen masuk stan mas.

    BalasHapus
  38. Kak, aku pengen masuk STAN juga,, tapi permasalahannya sama biaya fasilitas itu yang mempersulit.. Kalau boleh tau kakak asli mana? dan kakak punya panduan / buku lolos STAN ngga ? Terimakasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup,,, capai impianmu kawan.
      Biaya fasilitas itu maksudnya gmn?
      Aku asli klaten. Umm,,, panduanku lolos STAN bukan dr buku, tp motivasi dr orang tua, guru, saudara, teman, dsb.

      Hapus
  39. Sya bsa minta kontak yg bsa d hubungi ga mas??bwt sharing2..sya jg lulusan SMK TKJ..insyaallah berniat lanjut STAN..lulus tahun ini 2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung add fb saja, in syaa Allaah kalau aku bs kasih saran, aku kasih.

      Hapus
  40. Kak kalau tinngi ..prhitungan juga ngak kak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khusus bea cukai ada persyaratan tinggi badan.

      Hapus
  41. Assalamualaikum wr.wb
    Kak lulusan Stan kan ikatan dinas, tapi kenapa kadang saya menjumpai lulusan Stan yang tidak menjadi pegawai negeri. Seperti dosen saya yang lulusan D3 BC th 2006 atau Helmy Yahya. Apakah setelah lulus Stan itu hanya dikontrak kerja beberapa tahun atau itu memang pilihan mereka sendiri?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. Umm,, coba tanya lebih lanjut tentang dosenmu, kenapa beliau tidak masuk Bea Cukai.

      Hapus
  42. Apakah saya bisa meminta surat ijin untuk mengikuti USM Stan tahun 2017 karena umur saya kelebihan 10 hari, jika bisa kira-kira dimana? Apakah di balai diklat keuangan bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau sy tidak bisa, tp jika ingin tau lebih lanjut bisa ke balai diklat keuangan terdekat.

      Hapus
  43. Menginspirasi, semoga saja tahun depan bisa ikutan usm pkn stan

    BalasHapus
  44. Wihh kakak nya Dari smk juga ya. Kakak belajar materi nya tentang STAN udah lama atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss,,, harus belajar maksimal. Aku belajar kurang lbh 3 bln.

      Hapus
  45. Wihh 3 bulan tapi rutin ya kak? Sering ikut TryOut juga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak ada biaya utk ikut try out, begitu jg dg kursus. Aku belajar lewat guru2 sekolah, sm dr buku.
      Yups,, harus rutin, belajar giat, maksimal.

      Hapus
  46. Kak itu kuliahnya kebanyakan pelajarin matematika murni yah?

    BalasHapus
  47. Kak itu kuliahnya kebanyakan pelajarin matematika murni yah?

    BalasHapus
  48. Hai ka, aku asal medan ni. Aku mau nanya soal stan. Temen2ku dimedan banyak yg niat masuk stan, mereka sampe ikut khursus stan gitu. Beda sama aku, aku ga ada ikut apa2 sama sekali karena faktor biaya juga. Aku jadi ragu buat coba masuk stan karena menurut aku kalah saiangan sama mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Politeknik Keuangan Negara STAN* (PKN-STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan). STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

      Program studi yang diselenggarakan oleh PKN-STAN untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan prodip sebagai berikut :
      👉 Prodip I & III Kepabeanan dan Cukai
      👉 Prodip I & III Kebendaharan Negara
      👉 Prodip I & III Pajak
      👉 Prodip III Manajemen Aset / Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
      👉 Prodip III Penilai/Pajak Bumi Bangunan
      👉 Prodip III Akuntansi

      Masih kepo seputar PKN-STAN?

      Yuk mengenal PKN STAN lebih dalam 😆
      😰 PKN STAN masih GRATIS ga sih?
      😰 Katanya PKN STAN udh ga kedinasan lagi?
      😰 Setelah lulus jd PNS?

      Pengen konsultasi/tanya2 dengan mahasiswa aktif? (FREE!!)
      Chat ke:
      WA 089679031648
      SMS 089528379551
      Line dyhprb_
      atau DM ke akun ini.

      Bantu share ya 😊

      Hapus
    2. Ituh,, sama mb diyah aja ya... aku udh lulusan lama..

      Hapus
  49. Kak minta sarannya nih, aku kls 3 smp aku pngn msuk stan, mnrt kakak lbh baik aku masuk sma ato smk (soalnya aku juga pngn msk smk pnrbngn)
    Makasih kak..

    BalasHapus
  50. Kak dulu tes fisik lari 12 menit dapet berapa kali putaran?

    BalasHapus
  51. Aku tau bgt perjuangan ank SMK yg mah masuk STAN Wowo bgt

    BalasHapus
  52. Kak, berat badan ngaruh ngga ya ?

    BalasHapus
  53. kak dulu pas pertama kali ditanya jurusannya kakak jawab apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok kalau wawancara yg Pede aja,, yakin...
      Aku Pede aja pengen masuk Bea Cukai walaupun kurang ngerti Bea Cukai itu kyk gmn.

      Hapus
  54. makasih ya motivasinya berguna sekali , doain lulus d3 khusus yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. D3 khusus?? Aku juga daftar... wkwkwkwkwk

      Hapus
  55. aku udah daftar, tapi dari sini gada temen yang daftar, jadi gajadi ikut soalnya gatau dan gaberani pergi sendiri ke tempat verif.. eeehh akhir batas verif aku dapet kabar temenku daftar dan baru aja berangkat verif :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut bersedih...
      Smg jadi pelajaran yg bermanfaat.

      Hapus
  56. Kak, apakah SHUN (nilai UN) diperlukan ? Atau cuma ijazah saja yang diperlukan (nilai ijazah) ?

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Kak mau nanya kakak jawab tpa nya berapa sama tbi nya? Makasih kakkk

    BalasHapus
  60. Kak ada gak yang masuk bea cukai tapi badannya kurus banget dan tinggi badannya kurang 165 cm utk laki-laki? soalnya aku lulus di D1 BC tapi nggak memenuhi tinggi badan.. biingung bangett wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kurus sih banyak,, kalau kurang dr 165 cm tuh ada gak ya... mungkin ada.

      Hapus
  61. kak, aku anak smk akuntansi, emang anak smk itu gak bisa masuk stan ya kak?
    soalnya tdi aku ditanyain, punya mimpi masuk univ mana? kan kata orang mimpi itu harus setinggi tingginya kan? jadi aku jwb tuh ke STAN, Insyaallah, karena aku memang udah punya ambisi dari lulus smp,
    eh malah diketawain ama orang itu.
    katanya itu mimpi yg salah, gua hrus gimana ni kak? semua orang gk ada yang dukung aku
    malah orang itu bilang, katanya anak smk itu mending gak usah kuliah aja
    memang sih susah kalo ke stan
    tapi emang gak ada ya? univ laen yg bisa dimasukin anak smk?
    sedih akutu, knapa semua orang bilang anak smk gk bisa kuliah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey kamu,, iya kamu,, apa kamu mau orang lain meremehkan impianmu? Mematahkan semangatmu? Sebaiknya jangan! Jadikan kalimat2 mereka sbg motivasimu, sbg tambahan kekuatan utkmu, buktikan kalau kamu bisa.
      mau ke STAN, UI, ITB, UGM, UNDIP, bahkan kuliah ke luar negeri,, kalau kamu berusaha dan berdo'a, insyaAllah yg terbaiklah yg engkau dapatkan. SMK, BISAA!!!

      Hapus
  62. Sopo kak, aku jg mau masuk STAN, minta do'a nya ya kak

    BalasHapus
  63. Sopo kak, aku jg mau masuk STAN, minta do'a nya ya kak

    BalasHapus
  64. Ceritanya bagus ka... Aku pengen banget kerja di Bea cukai...
    Kl kerja di Bea cukai sibuk banget ga sih ka, trs kl lulusan STAN boleh g kerja ngga atau hrs slalu kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp,,, turut mendo'akan smg diberikan yg terbaik..
      Lulusan STAN wajib bekerja dibawah Kemenkeu dg minimal waktu kontrak. Setelah itu baru boleh keluar.

      Hapus
  65. Untuk masuk bea cukai, ada tes khusus ga kak di tes kebugarannya, kaya push up, sit up, pull up dll? Lalu apa bener kuliahnya sekeras kemiliteran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Sampai sekarang tes kebugaran masih standar seperti sebelumnya : yaitu tes kesehatan, tinggi badan, berat badan, lari 12 menit dan lari angka 8.
      Kuliah semi militer, jadi sudah biasa kalau setiap pagi apel, lari, push up, sit up dsb. Dosen pun apabila menghukum mahasiswanya, juga akan semi militer.

      Hapus
  66. Makasih. Termotivasi banget. Bismillah, atas izin Allah. Semoga saya bisa menjadi mahasiswi di PKN STAN tahun 2018 ini. Aminn yarabbal alamin.

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Keren kakak ceritanyaaaa.. Semoga aku jd the next kakak d1 BC , perempuan d1 kan BC nya kak?

    BalasHapus
  69. Ceritanya bagus kak... doakan semoga rejekiku di stan

    BalasHapus
  70. Kak mau tanya tinggi dan berat badan kakak waktu tkk berapa? Hehehe
    Sama ceritain dikit waktu di ajarin semi militer dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. -_- pertanyaan fisik ya...
      Baiklah, tinggi saya tidak sampai 170 dan berat badan saya tidak sampai 50.

      Hapus
  71. Hallo kak aku sekarang kls 11 smk jurusan akuntansi
    Aku mau nanya pengalaman kk. Kk gimana belajarnya selama 3 bln? Mapel apa aja yg dipelajari?
    Terima kasih sebelumnya kk

    BalasHapus
  72. Kak, itu daftar di panlok mana ya? Mohon dijawab, terimakasih..

    BalasHapus
  73. Kak, jikalau lulusan d1 boleh dan bisakah ngelanjutin ke s1 ?
    Lalu kalo lulusan D1 di jabatan pekerjaannya bisa naik pangkat ga ?
    Di tunggu jawabannya kak. Sehat selalu.

    BalasHapus
  74. Kak, tes tulisnya itu semua jurusan di PKN STAN? Tapi mengapa tes fisiknya beda jurusan beda tingkatannya? Dan tips dari kakak agar saya lolos diterima sebagai Mahasiswa PKN STAN Bea Cukai, bagaimana kak?

    BalasHapus
  75. Kak, bisa gak kita kuliah di STAN tapi saya dari kalangan kurang mampu. Apakah bisa kuliah STAN sambil bekerja?

    BalasHapus